Another Templates

Rabu, 24 Juni 2015

Dampak kenaikkan BBM



Dampak Kenaikan Harga BBM Bagi Kehidupan

Pemerintah menaikkan harga BBM bersubsidi sejak hari senin malam pada tanggal 17 November 2014. kenaikkan harga BBM berjenis solar dan premium yang sebelumnya  seharga solar Rp 5.500 dan premium Rp 6.500 kini naik masing-masing Rp 2.000. dan menimbulkan beberapa dampak bagi kehidupan.
Pembahasan.
Selama ini pemerintah harus mengeluarkan dana subsidi untuk BBM yang diambil dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), sehingga harga BBM tersebut di jual dengan murah. Tetapi dengan naiknya harga minyak dunia maka pemerintah tidak dapat menjual BBM kepada masyarakat dengan harga yang sama seperti sebelumnya karena hal tersebut dapat menyebabkan pengeluaran APBN semakin tinggi sehingga pemerintah memutuskan untuk menaikkan harga BBM. Faktor eksternal yang memperkuat alasan kenaikkan harga BBM di bulan November adalah turunnya harga minyak mentah dunia, sehingga harga minyak indonesia juga ikut turun.
Ketika kebijakan sudah diambil, maka akan mempengaruhi beberapa aspek di dalamnya, meskipun hanya sedikit. Akan tetapi perekonomian rakyat Indonesia yang tergolong di domonasi menengah kebawah, akan merasakan pengaruh yang sangat tinggi. Di mana BBM merupakan salah satu bahan utama untuk mata pencaharian mereka. Jika BBM naik maka sejumlah barang-barang kebutuhan pokok pun juga akan meningkat. Golongan masyarakat yang paling terkena dampaknya adalah masyarakat miskin. Kebijakan pemerintah dalam memberikan bantuan langsung tunai sangat bermanfaat bagi golongan ini. Setidaknya dalam jangka pendek ekonomi mereka dapat terbantu.
Adapun Dampak-dampak kenaikkan BBM bagi masyarakat sebagai berikut:
a)      Segi Sosial.
Dampak sosial dari kenaikkan BBM adalah adanya anggapan bahwa pemerintah hanya mementingkan kepentingan kelompok asing dan golongan kaya yang hanya mencari keuntungan bahkan aspek sosial yang selama ini terabaikan seperti fasilitas jalan raya yang banyak berlubang, bangunan sekolah banyak yang rusak, dan persoalan sampah yang menumpuk tidak dikelola yang mengancam kesehatan. Ditinjau secara menyeluruh bahwa kehidupan masyarakat di kota dan daerah berbeda sehingga peran pemerintah pusat dan daerah diharapkan dapat bersinergi dengan kondisi sosial yang nampak saat ini.
b)     Segi kesehatan.
Sektor kesehatan juga terkena dampaknya, dimana biaya kesehatan yang meningkat menyebabkan jangkauan layanan kesehatan menjadi sulit. Ekonomi masyarakat yang rendah biasanya berhubungan dengan kondisi lingkungan yang tidak sehat. Meningkatnya kejadian kekurangan gizi dan gizi buruk akibat terbatasnya pendapatan. Hal ini perlu menjadi perhatian pemerintah selain hanya memberikan jaminan kesehatan masyarakat (kartu Indonesia sehat) dan juga memberikan pembinaan kesehatan pada masyarakat.
c)      Segi Pendidikan.
keputusan pemerintah untuk menaikkan harga BBM nampaknya sudah tidak bisa di tawar-tawar lagi. Pemerintah beralasan, subsidi yang selama ini diberikan sangat membebani APBN dan tidak tepat sasaran. Pengurangan subsidi pun akhirnya menjadi pilihan yang diambil oleh pemerintah. Adapun untuk meredam gejolak yang terjadi akibat kenaikkan BBM ini, pemerintah menggulirkan berbagai program seperti kartu Indonesia pintar dan Beasiswa Siswa Miskin (BSM). Pemerintah meyakinkan bahwa dunia pendidikan akan diuntungkan dengan adanya pengurangan subsidi BBM ini karena dana yang ada akan dialihkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Hal ini akan dibuktikan dengan bertambahnya jumlah pelajar dan mahasiswa yang memperoleh beasiswa serta meningkatnya nominal bantuan yang akan diterima oleh para pelajar yang tergolong tidak mampu.
d)     Segi Industri.
Kenaikkan harga BBM ini terhadap aktifititas ekonomi sangatlah berpengaruh pada harga barang dan jasa, karena kenaikkan harga BBM itu menjadi komponen penting dalam penentuan harga produk barang dan jasa. Ketika harga barang dan jasa naik, dengan asumsi pendapatan masyarakat tetap maka daya beli masyarakatpun turun. Bahkan sangat mungkin terjadi bahwa pendapatan masyarakat tidak selalu naik sebanding dengan kenaikkan harga BBM. Akibatnya jika harga barang dan jasa naik maka produsen domestik tidak dapat bersaing dengan produk asing yang ada di indonesia. Dampak yang lain seperti menurunnya penjualan industri dan menurunnya pendapatan industri yang mengakibatkan banyak karyawan yang di PHK dan terjadi kenaikkan angka pengangguran.

e)      Segi Kebutuhan Pokok.
Kenaikkan harga BBM tidak dapat dilihat dari satu aspek, tapi yang dikhawatirkan banyak pihak adalah terhadap harga-harga kebutuhan bahan pokok masyarakat. Sehingga bisa dipastikan masyarakat kecil yang akan menerima dampak yang paling berat. Ini seharusnya menjadi pertimbangan serius pemerintah sebelum mengambil langkah menaikkan harga BBM.  
Penutup.
A.    kesimpulan
Dari penjelasan diatas dapat di tarik kesimpulan bahwa kebijakan pemerintah dalam menaikkan harga BBM banyak dipengaruhi oleh perekonomian masyarakat menengah kebawah. Tetapi tidak semua dampak kenaikkan BBM tersebut negatif. Karena dengan di naikkannya harga BBM pemerintah menggantinya dengan kartu Indonesia sehat dan Indonesia pintar.
B.     Saran.
Seharusnya menjadi pertimbangan serius pemerintah sebelum mengambil langkah menaikkan harga BBM. Di karenakan dapat menimbulkan dampak-dampak negatif dari masyarakat misalnya dari segi sosial, kesehatan, pendidikan, industri, dan kebutuhan pokok.


0 komentar:

Posting Komentar